Monday, May 7, 2012

Film Animasi Indonesia Berkelas Dunia


Yogya (KR) - Adanya anggapan pembuatan film animasi selalu identik dengan luar negeri tidak sepenuhnya benar. Paling tidak hal itu dibuktikan oleh Ketua STMIK Amikom Yogyakarta, Prof Dr Suyanto MM yang berhasil membuat film animasi berjudul The Chronicle Of Java. Film animasi yang mengisahkan kepahlawanan Aji Saka tersebut sengaja dibuat model Hollywood dan siap memasuki pasar Internasional.
" Dalam pembuatan film animasi ini wajah dari tokoh - tokohnya sengaja kami buat mirip dengan orang Hollywood. Dengan cara ini selain bisa menimbulkan kedekatan dengan para penonton, kami berharap film animasi ini lebih mudah diterima di dunia internasional," kata Prof Dr Suyanto MM dalam acara seminar dengan tema 'Berpikir dan berkarya kreatif kelas dunia bersama Wacom' di gedung JEC, sabtu (5/5).
Selain Prof Suyanto, seminar diadakan bersamaan dengan pembukaan pameran komputer Nice Apkomindo tersebut juga menghadirkan pembicara, Wacom South East Asia Manager KC Leong.
Suyanto mengatakan, dalam pembuatan film tersebut pihaknya sepakat untuk melibatkan editor, pengisi suara dari luar negeri. Karena dirinya menyadari salah satu kunci agar film Indonesia bisa diterima pasar Internasional harus melibatkan orang - orang Hollywood, dan Amikom mencoba melakukan hal itu. Keterlibatan orang - orang dari luar itu cukup penting karena berdampak pada pemasaran. Buktinya mesti film animasi masih dalam taraf pembuatan dan ditargetkan selesai pada tahun 2013 respons dari pasar cukup kuat.
" Dukungan dari berbagai pihak sangat kami harapkan agar film animasi ini bisa diselesaikan secara tepat waktu. Sehingga Yogyakarta akan menjadi titik awal tumbuhnya film animasi karya anak bangsa Indonesia berkelas dunia," terang Suyanto, seraya menambahkan, meski dalam proses produksi melibatkan orang luar, namun manajemennya 100persen Indonesia. (Ria)-g

Kedaulatan Rakyat , Senin 7 mei 2012.

Tambahan dari saya :
Amikom maupun Sekolah Tinggi atau Univl lain di Indonesia yang memiliki Mata Kuliah wajib memang perlu untuk didukung langsung oleh pemerintah, karena sebenarnya banyak talenta - talenta muda dan berbakat dalam pembuatan film animasi. Sehingga Indonesia mampu bersaing di dunia Animasi Internasional dengan kualitas yang baik. Semoga apa yang dibuat oleh Rekan - rekan STIMK Amikom Yogyakarta dan Prof Dr Suyanto MM serta para pendukung mampu memicu rekan - rekan lain diseluruh Indonesia untuk terus berkarya yang lebih baik lagi.

Gambar :



Jangan asal copas gan.
Baca dulu > peraturan copy paste post
Share:

0 komentar:

Post a Comment

No Junk, Spam, Sara, Bullying :)

Popular Posts

Total Pageviews

Search This Blog

336x280.id
Spesial Ramadhan
 
loading...